BP BATAM GELAR RAMAH TAMAH BERSAMA BJ HABIBIE


Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Edy Putra Irawady mengadakan kegiatan Ramah Tamah bersama Presiden Republik Indonesia ke-3 yang juga merupakan Ketua Otorita Batam Periode 1978-1998, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie di Grand Ballroom Radisson Golf & Convention Center Batam, pada Senin (29/4) malam.

Dalam sambutannya, Edy Putra Irawady menyampaikan secara umum mengenai sejarah berdirinya Badan Pengusahaan Batam beserta peran Habibie dalam membangun Batam.

“Bagi saya, Bapak BJ Habibie adalah sosok legenda di Batam. Dengan visi yang sangat hebat dalam mengembangkan Batam dan Kepulauan Riau sehingga mampu menjadi kontributor perekonomian nasional hingga saat ini.” Ujar Edy.

Edy juga menyampaikan beberapa capaian Bapak Pembangunan Batam tersebut semasa 20 tahun (1978-1998) kepemimpinannya di Otorita Batam antara lain, konektivitas antar pulau di Batam melalui jembatan Barelang, surplus air dan listrik secara agregat, memperkenalkan teknologi investasi, dan memotivasi untuk mengejar nilai tambah serta pentingnya Sumber Daya Manusia.

Presiden Republik Indonesia ke-3, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, dalam kesempatan tersebut, mengatakan bahwa ketersediaan Sumber Daya Manusia Indonesia yang memiliki daya saing tinggi dalam menghasilkan produk-produk yang bernilai tambah, dengan kualitas setinggi-tingginya serta biaya dan risiko yang serendah-rendahnya, sangat penting.

“Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan kesadaran untuk mencapai nilai tambah pribadi, yaitu melalui proses pembudayaan dan pendidikan.” Kata Habibie.

Ia juga sempat mengenang perjalanan karirnya dalam membangun Kota Batam yang kala itu masih berupa pulau kosong yang hampir tidak berpenghuni.

“Saat tahun 1978 itu saya datang kemari tidak ada apa-apa, mau akses kemana-mana tidak ada jalan, sehingga harus naik motor boat bersama Bu Ainun,” kenang Habibie. Hal itulah yang mengilhaminya untuk menyambung konektivitas Pulau Batam bersama pulau-pulau di sekitarnya.

“Saya berharap bahwa Anda yang berada di Batam, dapat mengembangkan Batam menjadi lebih baik lagi, yang berorientasi hi-tech dan SDM yang berdaya saing tinggi.” Tutup Habibie.

.